Memperoleh Penghasilan dari Blog: Content Blog Monetizing

Content Blog Monetizing

Menyambung tulisan terdahulu tentang Sejarah Blog Monetizing, pada kesempatan kali ini akan dibahas salah satu dari 3 kategori Blog Monetizing, yaitu Content Blog Monetizing.

Jika diterjemahkan Content Blog Monetizing artinya kira-kira memperoleh penghasilan dari konten blog. Ya, kita mengupayakan sedemikin rupa agar konten blog yang telah dan akan kita terbitkan bisa dimaksimalkan untuk memperoleh penghasilan.

Program yang paling populer dalam kategori Content Blog Monetizing adalah Paid Review (PTR/Paid to Review) dan Text Link Ads. Perlu dicatat bahwa Program Content Blog Monetizing sangat mempertimbangkan kepopuleran blog kita, khususnya Page Rank dan Alexa Rank untuk bisa mendapatkan job/task dari advertiser.

Content Blog Monetizing
Content Blog Monetizing

Program Paid Review secara sederhana artinya kira-kira Anda dibayar untuk membuat sebuah tulisan dengan menyelipkan beberapa kata kunci (keyword) pada tulisan tersebut yang akan di-link-kan ke URL yang diinginkan oleh pihak advertiser. Pada program ini, jika kita mendapatkan job, maka content yang baru akan kita publish sesuai dengan keinginan advertiser lah yang bisa menghasilkan uang. Jika teman-teman pernah melihat iklan advertorial di Surat Kabar/Majalah, nah Paid Review kira-kira seperti itu, bedanya kalo di online hampir pasti ada link yang disisipkan di dalam tulisan. Setelah kita mempublish tulisan tersebut maka kita harus memberitahukan URL dari tulisan Paid Review di blog kita.

Sementara pada program Text Link Ads, justru keyword pada konten blog yang telah kita publish lah yang bisa dijual untuk memperoleh penghasilan. Spider dari broker program text link ads akan men-scan tulisan-tulisan yang ada di blog kita dan melalui kode yang harus kita sisipkan di blog, otomatis akan tersaring keyword yang bisa dijual oleh mereka kepada advertiser. Jika keyword telah terjual maka secara otomatis pula keyword yang ada di postingan blog kita akan memiliki tautan ke url-nya advertiser.

Selain konten dalam bentuk tulisan, ada juga konten dalam bentuk gambar dan video yang ditawarkan oleh broker sesuai dengan permintaan advertiser, namun spertinya program seperti ini belum banyak yang menawarkan..

Sebenarnya ada satu program lagi yang bisa masuk kedalam kategori Content Blog Monetizing, yaitu kita membuat tulisan yang mereview sebuah produk atau jasa dan didalam tulisan tersebut kita sisipkan link affiliasi (affiliate link), namun untuk program ini saya lebih senang memasukkannya ke kategori Alternative Blog Monetizing yang akan dibahas pada postingan yang akan datang 🙂

 

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

×